Sabtu, 27 April 2013

Dos and Don'ts Ketika PKL

Tidak lama lagi seluruh Mahasiswa D3 STAN 2010 bakal PKL. Oleh karena itu , kamu harus tahu donk apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak boleh kamu lakukan selama PKL.
Kenapa? Biar kamu gak malu-maluin! Bisa membanggakan orang tua, dan dapat gebetan baru. Hmm. Rada gak nyambung ya? Yaudahlah.

Ini dia jawabannya:




DO

1. Bagi Waktu Untuk Laporan
Gunakan waktu sebaik mungkin, karena 4 minggu itu sangat sebentar dan sangat tidak mungkin untuk mengerti seluruh pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan. Gunakan strategi pembagian waktu, misalnya:
a. Minggu pertama untuk memperhatikan unit-unit yang ada di instansi tersebut.
b. Minggu kedua khusus untuk mempelajari alur atau flow pekerjaan di isntansi tersebut.
c. Minggu ketiga dan keempat mulailah mencicil laporan PKL.
Dengan strategi pembagian waktu tersebut, kamu dapat fokus mempersiapkan materi serta pencarian data-data yang diperlukan untuk membuat laporan seperti bertanya dan mencari data ke unit pendukung. Sehingga pada waktunya PKL berakhir, kamu telah siap dengan segala data-data.

2. Jaga Sikap Depan Atasan

Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater STAN, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti :
a. Berpakaian rapi dan santun.
b. Sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja.
c. Menyapa petugas dengan salam seperti selamat pagi, siang, sore.
d. Bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya mahasiswa..
e. Hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kalian.

3. Bertanya

Jangan malu untuk bertanya. Saat PKL adalah saat dimana kamu mendekatkan diri dengan para pegawai instansi dimana kamu akan bekerja dan mengerti bagaimanakah kamu bekerja kelak. Bertanya juga dapat mendekatkan diri kamu dengan pegawai di instansi tersebut. Kalau-kalau beruntung dapat penempatan di tempat PKL yang sama, kamu sudah punya banyak kenalan di sana.

4. Aktif Depan Atasan

Aktif lah di tempat PKL kamu. Pegawai di instansi, terutama kepala kantor dan para kabag biasanya suka dengan mahasiswa yang aktif. Keaktifan kamu juga bisa jadi sarana untuk mendapatkan data dengan mudah. Komunikasi yang baik juga dapat mempererat hubungan dengan petinggi instansi.

5. SKSD

Sok kenal sok dekat! Jangan sampai kamu terlihat sombong, sapa lah setiap orang yang berada di sekeliling instansi. Coba ingatlah selalu nama-nama bapak/ibu pegawai di instansi. Agar tak lupa, catat nama mereka. Kalau lupa, tanya pada teman PKL kamu. Kalau tidak, coba lihat struktur kepegawaiannya, pasti ada namanya. Hal ini penting agar kamu tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol. Karena kalau kita ingat nama seseorang dan saat ngobrol bisa bertanya seperti “Pak Adrian sedang apa?” itu lebih baik daripada sekedar “Sedang apa, Pak?”. Ingat, manusia hakikatnya suka dianggap dan dihargai dengan menyebut nama mereka. Siapa tahu habis selesai PKL kamu ditarik oleh kepala kantor.


Don't:


1. Jaga Sikap Depan Modusan
Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik kamu sebagai mahasiswa/i kece, menjaga sikap dan perilaku di tempat PKL merupakan cerminan sikap seorang yang cool seperti :
a. Berpakaian casual.
b. Sopan santun ketika berbicara.
c. Menyapa modusan dengan salam seperti selamat pagi, siang, sore.
d. Bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat doi sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya gebetan.
d. Harus bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja dapat mendekatkan dirimu dengan modusanmu!

2. Bertanya

Jangan malu untuk bertanya. Saat PKL adalah saat dimana kamu mendekatkan diri dengan modusan kamu dan mengerti apa yang doi suka. Bertanya juga dapat mendekatkan diri kamu dengan modusan, coba untuk bertanya via sms/bbm terus-menerus. Kalau-kalau beruntung dapat penempatan di tempat PKL yang sama dengan modusan, kamu bisa jadiin dia sebagai gebetan.

3. Aktif Depan Modusan

Aktif lah di tempat PKL kamu. Lawan jenis biasanya suka dengan kamu yang aktif. Keaktifan kamu juga bisa jadi sarana untuk mendapatkan cara modus dengan mudah. Komunikasi yang baik juga dapat mempererat hubungan dengan modusan kamu.

4. SKSD Sok kenal sok dekat! Jangan sampai kamu terlihat sombong, sapa lah setiap modusan kamu (kalau ada lebih dari satu). Coba ingatlah selalu nama-nama bapak/ibu pegawai di instansi. Agar tak lupa, catat nama mereka. Kalau lupa, tanya pada modusan kamu. Hal ini penting agar kamu tidak canggung jika nanti tiba-tiba diajak ngobrol dan agar terlihat ramah di depan modusan kamu. Ingat, manusia hakikatnya suka dianggap dan dihargai. Selain itu, syukur-syukur nanti selesai PKL kamu makin dekat dengan modusan.

Overall, sebenarnya ini adalah tata cara mendekatkan dengan modusan saat PKL. Jadi, lakukanlah langkah-langkah yang ada di kategori Don't kalau kamu mau makin dekat dengan modusan di lokasi PKL kamu. Sekedar saran, jangan lakukan langkah-langkah Don't di lokasi PKL yang isinya laki-laki atau perempuan semua.
Share this post

4 komentar

  1. sumpah gw udah pasang tampang serius pas baca bagian "do", cuma butuh lima detik dan langsung rusak pas baca "don't" =))

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Bukan Warta Kampus
Designed by BlogThietKe
Modified by Muh. Rahmatullah Barkat Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSS Comments RSS
Back to top