Rabu, 01 Mei 2013

Road To UAS: 6 Tipe Mahasiswa Sebelum Ujian Yang Perlu Kamu Ketahui



Hashtag #MayWish pun mulai bertebaran di linimasa. Yep, bulan baru, Mei pun menyambut. Banyak keinginan dan harapan yang diucapkan. Jika kamu mahasiswa STAN, mungkin salah satu diantaranya adalah sukses Ujian Akhir Semester untuk terakhir kalinya.

Aduh, maafkeun kalau pendahuluannya agak kepanjangan. Intinya sih kali ini WKB mau bahas gimana sih tipe-tipe mahasiswa kala ujian menyongsong. Berikut ini telah kita pilihkan beberapa tipe mahasiswa (termasuk mahasiswa STAN ya) apabila dilihat dari cara mereka menanggapi ujian yang sudah dekat.


1. Tipe Mendadak Tobat
Tipe pertama ini adalah tipe yang paling mudah dilakukan. Sang mahasiswa biasanya langsung berubah jadi orang paling alim tingkat kalimongso eh tingkat jurang mangu deh. Pertama-tama sih, si mahasiswa akan menyalami teman sekelas sembari meminta maaf dan berharap dapat balasan doa “sukses ya UASnya”. Sisi positifnya lagi, si mahasiswa juga mulai rajin berdoa, sholat 5 waktu, atau ibadah ke gereja saat H-1 ujiannya. Nggak sampai disitu, biasanya lagi kalo doi ngakunya mahasiswa gaul, bahan update facebook atau twitter akan berubah menjadi siraman rohani. Banyak yang memberikan status rohani atau sekadar membagikan (retweet) status dari akun-akun berbau rohani. Namun, dari tipe yang berprinsip “dzikir is the best weapon on exam” ini terkadang banyak juga yang mengaku sukses dan lancar-lancar saja. Hmm, nice try.

2. Tipe Sahabat Lexy, Kisi-Kisiku
Kalau tipe ini adalah tipe pecinta fotokopian dan kisi-kisi. Umumnya, alibi dari pendukung tipe ini adalah “sebagai mahasiswa yang baik, memang tidak seharusnya lagi belajar H-1 ujian. Apa gunanya kuliah 8 minggu kalau kita harus belajar H-1?” Namanya juga alibi ya, padahal pfftt. Biasanya tipe ini rela merogoh kocek dalam-dalam demi bahan fotokopian yang digadang-gadang sebagai kisi-kisi. Penikmat kisi-kisi juga nggak hanya dari fotokopian aja, biasanya banyak juga yang sengaja online fb/twitter demi menunggu kisi-kisi dewa beredar. Belakangan, entah mengapa tingkat penyebaran kisi-kisi di grup facebook mengalami depresiasi yang cukup tajam.

PS : Jika berniat gabung ke dalam tipe ini, WKB menyarankan anda menggabungkan tipe pertama dengan tipe ini. Mengapa? Karena tembus atau tidaknya kisi-kisi anda itu akan dipengaruhi oleh banyak doa yang anda panjatkan. O:)

3. Tipe Pasrah

Pasrah. Untuk tipe ini nggak butuh banyak penjelasan ya karena mahasiswa tipe ini tidak terlalu berharap banyak dengan hasil ujian. Sebenarnya, mahasiswa tipe ini sudah mempersiapkan bahan pelajaran, tetapi dalam perjalanan akan merasa tidak sanggup untuk menghapal banyaknya bahan ujian dalam waktu 12 jam sebelum perang dimulai. Pantaslah tipe ini dengan bangga mempromosikan prinsip “too cold for you to keep it, too hot for you to leave it”.

4. Tipe PsyWar

TipePSYwar ini bukan berasal dari negeri Korea karena dalam tipe ini tidak diajarkan bagaimana menari gangnam style (krik..krik). Oke, back to topic. Sulit diketahui tujuan kebenaran aksi ini. Terkadang, menganggap bahwa si penyebar psywar memang belum belajar adalah benar. Tak sedikit ungkapan perkataannya memanglah benar atau sebaliknya hanya tujuan menjatuhkan mental.

Sabar : “ciyeeh dapat A, katanya kemarin cuma belajar 2 bab doang”

Subur : “Alhamdullilah. Aku juga nggak nyangka, dasar dosennya aja nggak baik” 
Sabar : (Dalam hati) dosen baik? menurut ngana?

PS : Jika anda ingin menggeluti tipe ini, silahkan buka kembali majalah warta kampus edisi 19, yah kalau masih belum dijadiin kertas bungkus gorengan sih L.

5. Tipe Tentir-Holic

Sesuai namanya, mahasiswa tipe ini sangat menikmati tentir. Doi akan menjabani seluruh jenis tentir yang diadakan siapapun dan kapanpun. Tak hanya itu, terkadang #TeamTentirHolic juga sudah meminta teman yang dianggap pintar sebagai tentor.

6. Tipe Idaman
Dinamakan tipe idaman karena banyak mahasiswa yang menginginkan jadi seperti ini, tetapi apa daya, khayalan itu hanya bertahan beberapa jam saja. Tipe idaman ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang belajar mati-matian untuk ujian. Pertama, seluruh tipe diatas sudah dilakukan, mulai dari berdoa, cari kisi-kisi, ikutan tentir ditaburi dengan sedikit psywar dan diakhiri dengan pasrah rencana-Nya. Yang paling penting, tipe idaman ini biasanya udah mencicil bahan pelajaran dari minggu-minggu pertama loh, buat catatan-catatan kecil sampai punya lebih dari satu buku literatur. Terakhir, biasanya segelas kopi juga disiapkan sebagai teman untuk belajar sambil menunggu datangnya pagi. Jadi, berani nggak kamu masuk dalam tipe ini? Satu lagi, biasanya tipe idaman ini cocok juga loh dijadiin pasangan idaman (peace).

FYI, untuk tipe idaman ini terinspirasi dari penulis karena penulis sendiri adalah #TeamTipeIdamanGarisKeras.


Mohon maaf jika terdapat kesamaan karakter pembaca dengan tipe-tipe di atas. Tulisan ini murni bukan konspirasi sinetron Wahyudi. Jika pembaca merasa dirugikan dengan tidak adanya tipe yang sesuai dengan karakter pembaca, kolom komentar dapat menjadi media dalam menambahkan tipe yang pembaca sedang dalami dan ilhami saat ini.
Share this post

4 komentar

  1. Halo gan, sekalian blogwalking deh,
    kreatif nih idenya bikin bukan wartakampus, monggo ditunggu kreativitasnya yang lucu-lucu dan menghibur. :))

    BalasHapus
  2. terima kasih.
    kami akan senantiasa memberikan yang terbaik.
    Tetap dukung karya-karya kami ya :)

    BalasHapus
  3. wah kemana aja gue baru tau ada blog ini! kreatiiif, kayak mbdc versi stan haha. keep posting yaah :)

    BalasHapus
  4. harusnya ada meme tante hajar ndes =))

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Bukan Warta Kampus
Designed by BlogThietKe
Modified by Muh. Rahmatullah Barkat Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSS Comments RSS
Back to top