Minggu, 26 Mei 2013

PKL BISA: 4 Perpustakaan Pilihan untuk mencari refrensi Laporan PKL




Genderang dimulainya penyusunan outline telah ditabuh. Dari tanggal 24 Mei sampai 21 Juni 2013, tubuh kamu bakal banyak istirahat, tapi sayangnya pikiran akan rentan dan lelah. Perasaan ikut gelisah, apa saja yang dilakukan bakal gak enak, main game gak enak, pacaran gak enak, sampai tidur pun gak enak. Hore!!! Hidup outline!

Tapi tenang saja, dasarnya kan anak STAN itu pintar-pintar (red, IPK pasti diatas 2,4). Semua pasti beres deh.  Mau nyusun outline bisa saja hanya dalam 3 hari 2 malam atau kurang, apalagi nih kalau ternyata refrensinya banyak. Kenapa? sesuai dengan testimoni dosen WKB, mahasiswa STAN itu tinggal dilempar buku juga sudah hebat. Ya gimana gak gitu, anak STAN kan cerdas, tidak sombong, rajin menabung dan sabar, apalagi menunggu penampatan. Toss! *kemudian nangis*

Oleh karena itu, di momen berbahagia ini, WKB mau share tentang 4 Perpustakaan Pilihan untuk mencari refrensi dan daftar pustaka penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan buat kamu.

1. Perpustakaan Gedung P Lantai 2 STAN

Buka kecuali hari libur dan tanggal merah, terletak di lantai 2 gedung P Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Perpustakaan ini tentunya adalah pilihan terdekat dan tercepat yang kamu bisa akses. Buku di perpustakaan STAN ini juga cukup lengkap loh. Kenapa? Ada skripsi mahasiswa D4 dan Laporan PKL anak D3 tahun tahun sebelumnya yang kamu bisa gunakan ini untuk mengetahui 2 hal penting: (1) Kamu bisa memastikan ketersedian data di tempat PKL kamu. Dengan tahu bahwa judul yang kamu ajukan telah diajukan tahun lalu, kemungkinan besar bahwa datanya tersedia hampir di setiap KPP. (2) Kamu bisa mendapat rujukan daftar pustaka dari Laporan PKL dengan tema yang sama (Kalau dosbim kamu minta daftar pustaka yang banyak dan bukan peraturan)

Tidak hanya itu, alasan kenapa buku perpustakaan STAN itu cukup lengkap, karena setiap tahunnya menerima buku sumbangan dari berbagai pihak, termasuk sumbangan wajib per tahun mahasiswa D4 yang kata dosbing penulis, oke punya.

Kamu bisa datang ke sini hanya dengan membawa KTM dan berpakaian seragam. Jangan takut kehabis tempat duduk, lantainya luas dan dingin kok.

2. Perpustakaan Pajak
Wehehe, pajak punya perpustakaan. Letaknya Lt 3 Kantor Pusat DJP, Jalan Gatot Subroto No 40--42, Jakarta, Indonesia. Perpustakaan ini terbuka untuk umum loh, senin sampai jumat dari pagi ampe sore, bahkan saat bulan ramadhan. Layout-nya keren, dingin dan tersedia sofa yang bisa buat kamu nyaman untuk duduk seharian. Jadi kalau kamu dan teman sekelompok bimbingan dengan dosbim di kantor pusat DJP, kamu pengen ngadem sekaligus mencari daftar pustaka dari dalam dan luar negeri atau bahkan skripsi dan thesis pegawai pajak. Ini nih tempatnya.  Kali aja dapat jodoh juga kan, soalnya mahasiswa/mahasiswi kampus lain juga ke sini. Kamu jomblo. Asik.


Karena jarak dari bintaro ke sana 15km, sebaiknya cek dulu ketersediaan bukunya di websitenya atau mention ke @pajak_library. Kalau udah nemu silahkan ke sana. Jangan malu-maluin tapi yah. Apalagi nyolong. Amit-amit.


3. Perpustakaan Univesitas Indonesia
Kalau kamu niat, punya banyak waktu. Ke sini aja, WKB gak perlu jelasin banyak-banyak, karena kamu sudah pasti tahu kalau perpustakaan UI itu keren abis! Tengok saja fasilitasnya di sini. Tapi hal yang kamu perlu ketahui, sesuai dengan kebijakan kunjungan umumnya:

“Pengguna umum (non UI) berhak mengakses koleksi, membaca di tempat, atau memfotokopi koleksi yang diperlukan di Perpustakaan UI. Pengguna dari luar UI tidak dapat menjadi anggota Perpustakaan UI serta tidak dapat menggunakan fasilitas akses ke jaringan internet karena UI menerapkan sistem Single Sign On dengan menggunakan SIAK NG atau akun sebagai warga UI.”

Selain jaraknya yang jauh, perpustakaan UI adalah pilihan yang tepat. Di sini kamu bisa baca literatur karya mahasiswa UI berupa skripsi dan thesis, ataupun literatur yang hanya tersedia di sana. Lumayan banget kamu juga bisa pakai mac gratis sambil baca buku di sini, dapat panduan refrensi dan sebagainya. Sedikit tips kalau kamu kagok pakai mac. Pura-pura bisa, lihat jam, tengok kanan kiri kamu seakan-akan udah bosen, terus cabut! Elegan dan berkelas! You are welcome.





4. Perpustakaan Nasional RI 
Perpustakaan Nasional RI atau Perpunas terletak di Jl Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini adalah alternatif bagi kamu yang ingin mendapat buku dengan segera dan pasti. Cukup daftar dengan mengajukan permohonan pendaftaran di ruang keanggotaan lantai 1C, isi biodata dan foto di tempat.

Perpustakaan ini memungkinkan kamu mengecek secara online ketersediaan buku yang ingin kamu baca. Di tempat loh ya, gak boleh dibawa pulang. Cukup catat dan saat di sana kamu bisa minta untuk bantu untuk dicarikan. Bukan cuman itu, perpustakaan ini juga mengoleksi sesuatu yang antik antik. Foto, lukisan bersejarah, bahkan film ada di sini.

Gimana? Tertarik untuk melakukan wisata perpustakaan? WKB berharap outline cepat di ACC dan semua senaaangggg..



Share this post

1 komentar

  1. Ka . Klu mau cari karya ilmiah simposium akuntansi di mana ya ka ?

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Bukan Warta Kampus
Designed by BlogThietKe
Modified by Muh. Rahmatullah Barkat Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSS Comments RSS
Back to top